Beras Obat Ampuh Peralatan Elektronik Terendam Air

Apakah anda pernah mecelupkan peralatan elektronik ke air ?? entah disengaja atau kecelakaan semua bisa terjadi apabila anda, suatu ketika berhubungan langsung dengan air. Dalam kasus ini saya akan membahas peralatan elektronik yang sering kita bawa sehari hari yaitu handpone. Pengalaman pribadi handpone saya tercelup air sungai pada waktu outbound rafting. Pada waktu itu memang saya keasikan maen rafting hingga waktu istirahat saja saya gunakan untuk berenang, pada awalnya niatnya pengen tracking jalur rafting menggunakan applikasi Android My Tracks tapi di tengah perjalanan rafting badan saya basah kuyup dan peralatan elektronik yang saya bawa juga ikutan basah.
Sebenarnya sebelum berangkat saya sudah bungkus semua perlatan elektronik yang saya bawa dengan plastik, semuanya peralatan yang saya bawa selamat kecuali plastik yang membungkus handpone android saya bocor dan akhirnya si robot ijo pun ikutan berenang dengan saya. 
Selesai dari Rafting saya cek handpone android saya memang sudah mati tapi saya tidak panik, secepatnya saya pisahkan batrey dengan handphone saya kemudian saya keringkan dengan kain kering sesampainya di basecamp. Kemudian sesampainya di kost saya mencari cara bagaimana menghidupkan perangkat elektronik yang terndam air... jawabanya ada di google setelah saya cari sana sini ketemu cara unik untuk mengeringkan perangkat eletronik yang terendam air. Ada beberapa cara pengeringan yang ditawarkan oleh beberapa artikel yang saya baca.
  • Menggunakan kipas angin
  • Membuka semua bagian elekronik kemudian dicelukan dalam cairan thiner panas 
  • Menghembuskan dengan udara tekan tinggi
  • Menggunakan Hair dryer
  • Menggunakan Silica Gel
  • Menggunakan Beras
Dari beberapa cara diatas yang menurut saya aman yaitu menggunakan silica gel dan beras. pada awalnya saya tertarik menggunakan silica gel tapi dengan keterbatasan biaya dan  kesulitan mencari silica gel kemudian saya memilih menggunakan beras. Pasti anda bertanya-tanya kenapa menggunakan beras ??? oke saya jelaskan bagaimana beras bisa menyerap air menurut ilmu yang saya peroleh pada pelajaran kimia di SMTI. 
Pada saat komponen-komponen dan jalur PCB di dalam peralatan elektronik kena air, maka yang terjadi adalah konsleting atau hubungan arus pendek. Karena air dapat menghantar kan listrik. Beras memiliki kepadatan serbuk yang halus dan kesat (coba bndingkan tepung beras dan tepung terigu, jauh lebih halus tepung beras), maka bubuk tersebut bisa meresap kedalam sela sela komponen handphone. Apabila peralatan elektronik tersebut komponen-komponennya dilepas kemudian direndam dalam beras, maka air yg masih tersisa bisa terserap oleh bubuk-bubuk beras tersebut. 
Cara seperti ini sangat baik ketimbang peralatan elektronik tersebut kita keringkan seperti biasa. karena apabila di keringkan biasa, msih ada sisa-sisa sedikit yg menempel. tapi dengan bubuk beras, air dapat di serap 100%. Beras yang kering dan besifat absorben (menyerap kelembaban udara). Jadi lebih mudah membuat partikel air berubah jadi uap air yg terus diserep oleh bulir beras. Pada dasarnya mirip sama cara kerjanya silica gel cuma tumpukan silica gel tidak merubah suhu di sekitarnya tidak seperti beras. 
Cara ini memang manjur untuk menyelamatkan perlatan elektronik yang terkena air, saya sendiri mempraktekannya langsung dengan memisahkan handphone anda dengan batrey kemudian rendam ke dalam ember atau karung yang berisi beras, bisa juga menggunakan wadah yang ukurannya cukup untuk menampung beras dan handphone, kemudian biarkan hingga minimal 2 x 24 Jam lebih lama lebih baik hingga dirasa air dalam handphone hilang. Kemudian handphone dinyalakan usahakan batrey yang di isi dahulu jangan menggunakan charger handphone yang terkena air usahakan menggunakan charger external atau ganti batrey anda. karena kemungkin batrey juga konsleting pada saat handphone tercelup air. 
Setelah handpone anda menyala silahkan cek perangkat-perangkat yang ada di hanphone seperti LCD, Speaker, Mic, bluetooth, wifi, camera, slot sdcard, gps, dll. pastikan semuanya normal bila terjadi masalah pada salah satu perangkat. silahkan secepatnya membawanya ke service center terdekat. Untungnya handphone saya tidak ada yang rusak semuanya sehat wal'afiat tanpa kerusakan apapun. Sekarang bagi anda yang sering berkerja yang berhubungan langsung dengan air jangan takut membawa peralatan anda ke daerah yang berair, yang perlu di ingat adalah apabila terkena air secepatnya copot batrey anda dan keringkan menggunakan kain seadanya kemudian gunakan lah beras sebagai solusi pengganti silica gel :D



Postingan Sebelumnya :


raditeputut

Blogger dengan kerja sambilan Designer Freelancer.

No comments: